12 Tips Naik Pesawat Untuk Kamu yang Baru Pertama Kali!

Airline Bandara Hotline Penerbangan

1. Siapkan tiket pesawatmu, cek identitasmu.

Kamu bisa mendapatkan tiket pesawat dari banyak tempat dengan berbagai cara. Kamu bisa memesannya melalui agen travel, website resmi maskapai penerbangan maupun dari situs-situs perjalanan. Sesuaikan jam keberangkatan dengan sikon dan kondisimu.

2. Perhatikan kuota bagasi maskapai yang kamu pilih.

Setiap maskapai memiliki limit bagasi masing-masing yang ditawarkan. Kamu harus memperkirakan berat barang bawaan sesuai limit maskapai penerbangan tersebut. Jika barang bawaan kamu melebihi limit, maka kamu akan dikenakan biaya lebih untuk per kilogram.

3. Jangan sampai salah terminal ya!

Cek kembali tiket pesawat yang telah kamu beli. Perhatikan bandara mana dan terminal berapa yang harus kamu datangi. Jangan sampai salah terminal ya! Nanti kamu bisa ketinggalan pesawat!

4. Datang lebih awal sebelum jam boarding.

Perhatikan jam boarding pesawat kamu. Biasanya 30 menit sebelum jam keberangkatan. Datanglah satu atau dua jam sebelum jam tersebut. Ada beberapa hal yang harus kamu urus dan membutuhkan waktu yang cukup banyak. Jika kamu datang mepet, maka bisa jadi kamu ketinggalan pesawat. Gak mau kan?

5. Kamu akan melewati security check, ketahui barang-barang apa yang dilarang supaya tak menimbulkan kecurigaan petugas.

Sebelum berkemas, sebaiknya pahami dulu barang-barang apa saja yang boleh masuk kabin pesawat dan yang tidak boleh. Beberapa barang yang tidak boleh masuk kabin antara lain seperti benda tajam, gunting maupun pisau.

Korek api ataupun rokok elektronik, sebaiknya diletakkan di bagasi. Daripada harus menyerahkannya secara suka rela pada petugas bandara.

6. Lakukan check in di loket sesuai maskapai yang dipilih.

Setelah melakukan security check awal, kamu bisa langsung menuju loket untuk check in. Di loket itu, kamu akan mendapat boarding pass kamu. Tak hanya itu, barang-barang berukuran besar seperti koper juga harus diserahkan untuk ditimbang dan masuk bagasi.

Saat menukar boarding pass, kamu bisa meminta petugas untuk memberikan tempat duduk yang nyaman untukmu. Misalnya saja kamu lebih memilih duduk di samping jendela atau di tengah.

7. Cek gate keberangkatan dan tunggulah di ruang yang disediakan.

Penting untuk diketahui nih! Jangan sampai salah masuk gateGate keberangkatan tertera pada boarding pass yang telah kamu dapatkan dari loket check in.

Lihatlah gate keberangkatanmu dan tunggulah di ruang yang telah disediakan. Jangan terlalu jauh dari gate tersebut supaya tak ketinggalan info penerbangaan, apakah dimajukan, delay, atau bahkan harus pindah gate.

8. Dengarkan pengumuman mengenai status pesawat.

Jangan melamun atau malah mendengarkan lagu dengan menggunakan earphone, apalagi volumenya cukup besar. Kamu bisa melewatkan pengumuman yang penting mengenai pesawatmu.

Informasi seputar status penerbangan akan selalu disampaikan melalui pengumuman terbuka seperti itu. Maka dari itu, dengarkan setiap pengumuman yang ada. Tapi kamu tetap bisa bersantai sembari menunggu waktu penerbangan tiba.

9. Siapkan KTP dan boarding pass saat sudah waktunya masuk pesawat.

Sebelum naik pesawat, petugas akan memeriksa boarding pass dan KTP-mu. Siapkan dulu keduanya, agar tidak terburu-buru dan kebingungan mengeluarkannya dari dalam tas berulang kali.

Masukkan KTP dan boarding pass ke dalam dompet setelah kamu benar-benar sudah masuk pesawat. Sebab, pemeriksaan identitas dilakukan secara berlapis. 

10. Cari tempat duduk sesuai nomor yang tertera di boarding pass.

Lihat boarding pass-mu, ada nomer tempat duduk yang tertera. Carilah tempat dudukmu sesuai nomor yang tertera di boarding pass tersebut. Jangan salah tempat duduk ya.

11. Sesaat sebelum lepas landas, perhatikan intruksi keselamatan yang diperagakan awak pesawat.

Setiap penerbangan, awak pesawat pasti akan memeragakan instruksi keselamatan di udara. Jika kamu pertama kali naik pesawat dan belum pernah mengetahui hal tersebut sebelumnya, sebaiknya kamu perhatikan para awak pesawat tersebut.

Informasi itu penting untuk kamu ketahui, sebagai upaya mengantisipasi hal-hal genting.

12. Jangan terburu-buru meninggalkan bandara saat tiba di tujuan. Ambil tasmu di bagasi dan pastikan tak ada yang tertinggal.

Akhirnya sampai di tujuan. Jangan terlalu senang dan melupakan barang-barangmu. Jangan lupa mengambil barang-barang di bagasi, sesuai nomor penerbangan. Perhatikan baik-baik barang bawaan supaya tidak tertukar dengan orang lain.

Gimana, gak perlu takut lagi jika kamu baru pertama kali naik pesawat karna sudah tahu mengenai informasi tips naik pesawat sebelumnya. Jika bingung saat di bandara, kamu bisa bertanya kepada petugas yang siaga maupun orang-orang yang kamu temui. Semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang berpergian naik pesawat terbang.

Source : https://www.idntimes.com/travel/tips/yoshi/tips-naik-pesawat-untuk-pertama-kali/full