20 Fakta Seru Seputar Bandara

Airline Bandara Hotline Penerbangan

Bandarasebagai tempat singgah untuk memulai atau mengakhiri traveling kita melahirkan berbagai cerita yang bikin kaget, sedih, sekaligus tertawa. Hal tidak heran bisa terjadi dengan hadirnya berjuta-juta orang serta ratusan jadwal penerbangan setiap harinya. Berikut 20 fakta-fakta seru bandar lainnya yang menarik untuk disimak, nih!

1. Umumnya setiap pilot menerbangkan pesawat selama 9-14 hari per bulan. Namun, pilot di perusahaan India menjalankan tugasnya selama 24-26 hari. Saat tidak ‘terbang’, pilot akan membuat laporan terbang dan rencana penerbangan.

2. Penerbangan yang memakan 8-11 jam membutuhkan 3 pilot, dan penerbangan lebih dari 12 jam membutuhkan 4 pilot. Yap, setiap pilot harus mengemudikan pesawatnya selama 3-4 jam. Untuk bebas macet, ya, hihihi.

3. Mulusnya pendaratan jadi salah satu indikator skill pilot.

4. Batasan mengonsumsi alkohol bagi pilot adalah 8 jam sebelum terbang. Namun aturan ini bisa berbeda di setiap maskapai. Umumnya jika di dalam darah pilot terkandung 0,04 persen alkohol, pilot nggak diperbolehkan ‘terbang’.

5. Menjaga keamanan dan keselamatan penumpang jadi tugas utama awak kabin. Sedangkan soal kenyamanan penumpang, sih, hanya tugas tambahan.

6. Tinggi badan jadi salah satu syarat mutlak menjadi pramugari karena mereka harus dapat meraih barang-barang di bagasi kabin.

7. Setiap pramugari dilarang memiliki tato di daerah kulit yang terlihat saat memakai seragamnya. Tato dianggap dapat menimbulkan image buruk bagi maskapainya.

8. Normalnya, seorang awak kabis bertugas mengawasi 50 orang penumpang.

9. Wajarlah jika kita haus selama berada di pesawat. Selama tiga jam penerbangan, tubuh kekurangan air sebanyak 1,5 liter. Udara di dalam pesawat sangat kering sehingga menyebabkan dehidrasi.

10. Satu toilet pesawat diperuntukkan bagi 50 penumpang.

11. Beberapa jam sebelum take off, petugas dispatcher akan menyiapkan rencana terbang, mengkaji rute yang akan dilalui, ketinggian terbang, memeriksa bahan bakar, dan kondisi cuaca selama penerbangan, termasuk cuaca di airport tujuan. Kondisi cuaca merupakan hal terpenting karena pilot harus menghindari badai, tekanan angina, bahkan abu vulkanik.

12. Awak kabin baru akan menutup pintu pesawat jika seluruh barang penumpang sudah tersimpan di bagasi kabin.

13. Dimatikannya lampu di kabis saat take off dan landing akan membuat mata penumpang terbiasa dengan cahaya rendah. Tujuannya, penumpang dapat melihat lampu lantai pesawat dengan lebih jelas dalam keadaan darurat sehingga mempercepat proses evakuasi.

14. Membuka penutup jendela bergun untuk melihat posisi pesawat saat mendarat darurat dan waspada jika ada percikan api di sayap pesawat.

15. Check-in secara online pertama kali dijalankan oleh Alaskan Airlines tahun 1999.

16. Bila terjadi kebocoran gas di pesawat atau mendadak pintu terbuka pas di ketinggian, penumpang akan diminta mengenakan masker oksigen untuk menghindari hipoksia—gejala kekurangan oksigen karena pengaruh perbedaan ketinggian.

17. Pernah nggak ditegur pramugari karena kita memangku tas? Pasalnya tas memang harus disimpan di kabin atau di bawah kursi depan. Maksudnya, nih, dalam keadaan darurat kita tetap leluasa bergerak.

18. Siapa bilang makanan di bandara nggak enak? Beberapa chef tenar kini memiliki resto keren di bandara. Sebut saja Plane Food, restorannya Gordon Ramsay di Bandara Heathrow London, dan Jaime’s, restonya Jamie Oliver di Bandara Gatwick London. Bahkan menu sedapnya Gordon bisa dinikmati di dalam pesawat karena ada kemasan pikniknya. Hmmm….

19. Bukan cuma resto enak, bandara pun mulai memenuhi kebutuhan shopping penumpang. Salah satu bandara yang bikin ‘lapar mata’ adalah Dubai yang menyediakan 30 toko duty-free superbesar dan buka selama 24 jam.

20. Singapore Airlines menghabiskan 700 juta SGD setiap tahun untuk makanan di dalam pesawat, bahkan penumpang di kelas satu, mengonsumsi 20 ribu botol minuman beralkohol setiap bulannya.

Source by : http://www.femina.co.id/trending-topic/20-fakta-seru-seputar-bandara-bagian-ii-