Proyek Runway 3 Bandara Soetta Akan Dimulai Tahun 2019

Bandara Penerbangan

PT Angkasa Pura II (Persero) sedang bersiap membangun landasan pacu atau runway 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Adapun dana yang disiapkan untuk pembangunan runway 3 berasal dari Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 1,8 triliun.

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaludin, menjelaskan bahwa pembangunan runway 3 Bandara Internasional Soetta mulai dilakukan pada bulan ini. Pengerjaannya sendiri, menurutnya akan memakan waktu sekitar 16 bulan.

Awaludin pun mengungkapkan ketika pembangunan runway 3 Bandara Internasional Soetta selesai, jumlah trafik pesawat saat lepas landas dan mendarat akan bertambah, semula sebanyak 72 pergerakan pesawat per jam menjadi 114 pergerakan pesawat per jam.

Pada tahap awal pembangunan, menurut Awal akan mencakup perkerasan landasan, drainase, pagar, hingga airfield lighting system. Nantinya runway 3 tersebut akan memiliki dimensi 3.000 meter x 60 meter sehingga pesawat berbadan lebar seperti Boeing 777 bisa mendarat.

“Alhamdulillah lahan kita (sekarang) tembus 100 hektar dari rencana 216 hektar. Target pembebasan lahan seluruhnya sekitar September 2018 sudah selesai semua,” tegas Awaludin dikutip dari 

Source by : kumparan.com.