Sejarah Singkat Penerbangan Dunia

Hotline Penerbangan

ika kita berbicara mengenai pesawat terbang, maka kita akan teringan dengan Wright Bersaudara, Orville Wright dan Wilbur Wright. Mereka berdua merupakan dua bersaudara yang merancang sendiri pesawat terbang di abad ke-20 yang mereka beri nama “Flyer.” 
Flyer pertama kali diuji coba pada tahun 1903 di Amerika Serikat. Selain Wright bersaudara, dalam sejarah tercatat penemu pesawat terbang lain bernama Samuel F. Cody yang melakukan penerbangan di Farnborough, Inggris tahun 1910.
” Jauh Sebelum Wright Bersaudara dan insinyur lainnya, pada abad ke-9, seorang ilmuwan dan insinyur Islam bernama Abbas ibnu Firnas (810-887 M) melakukan penerbangan dengan menciptakan alat terbang yang bernama ornitophter yang tak lain berupa sayap yang terbuat dari sutra dan bulu elang dengan percobaan pertama dilakukan di menara Masjid Mezquita, Cordoba.”
Penerbangan pertama kalinya dengan menggunakan balon udara panas yang ditemukan seorang berkebangsaaan Perancis bernama Joseph Montgolfier dan Etiene Montgolfier terjadi pada tahun 1782, kemudian disempurnakan seorang Jerman yang bernama Ferdinand von Zeppelin dengan memodifikasi balon berbentuk cerutu yang digunakan untuk membawa penumpang dan barang pada tahun 1900.

Pada tahun tahun berikutnya balon Zeppelin mengusai pengangkutan udara sampai musibah kapal Zeppelin pada perjalanan trans-Atlantik di New Jersey 1936 yang menandai berakhirnya era Zeppelin meskipun masih dipakai menjelang Perang Dunia II. 
Setelah zaman Wright, pesawat terbang banyak mengalami modifikasi baik dari rancang bangun, bentuk dan mesin pesawat untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara. Pesawat komersial yang lebih besar dibuat pada tahun 1949 bernama Bristol Brabazon. Hingga kini pesawat penumpang terbesar di dunia di buat oleh airbus industrie dari eropa dengan pesawat A380.


Source : http://www.hariansejarah.id/2017/04/sejarah-singkat-penerbangan-dunia.html

Penulis : teman sejarah